PERKEMBANGAN HARDWARE
Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai
ke hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya,
perkembangan komputer diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan
pemrosesan data secara lebih mudah, walaupun prinsip itu tetap berlaku,
namun akhir-akhir ini kelihatannya perkembangan hardware komputer lah
yang mampu menciptakan “kebutuhan-kebutuhan” dan peluang baru, sebagai
contoh: ketika ditemukan komponen-komponen hardware yang lebih kecil dan
ipod muncul maka tercipta kebutuhan baru di dunia musik, hal ini juga
mampu merubah kondisi industri musik itu sendiri.
Perkembangan hardware komputer itu sendiri adalah sebuah evolusi dari
berbagai alat pengolahan data. Adalah seorang Charles Babbage yang
pertama kali mengenalkan komputer yang pertama, namun pada periode ini
komputer digunakan hanya untuk operasi matematika, baru setelah tahun
1940 komputer digunakan untuk pengolahan data yang lebih luas. Berikut
adalah perkembangan generasi komputer setelah tahun 1940 :
Generasi Pertama (tahun 1940-1959). Pada generasi ini komputer
menggunakan tabung untuk memproses data dan menyimpan data. Beberapa
komputer yang lahir pada generasi ini adalah ENIAC, EDVAC, EDSAC.
Generasi Kedua (tahun 1959-1964). Penemuan transistor pada tahun
1948 adalah salah satu faktor yang membuat generasi komputer ini lahir.
Komputer pada generasi ini jauh lebih kecil karena menggunakan
transistor untuk menggantikan tabung vakum yang ukurannya lebih besar.
Pada periode ini pula, bahasa pemrograman sudah mulai dikenal untuk
menggantikan bahasa mesin pada generasi sebelumnya sehingga menyebabkan
ada beberapa profesi baru yang bermunculan seperti programmer, analyst
dan ahli sistem komputer.
Generasi Ketiga (1964-awal80an). Generasi ini dipengaruhi oleh
penemuan IC dan chip untuk mengatasi kekurangan transistor yang cepat
panas. Komputer generasi ini pun membuat komputer menjadi lebih kecil
karena komponen yang banyak dapat dipadatkan dalam satu chip. Generasi
ini pula ditemukan system operasi..
Generasi keempat(awal80an-??). Generasi ini adalah pengembangan
dari mikroprosesor untuk membuat komputer lebih bisa melakukan
tugas-tugas yang lebih kompleks. Personal Komputer dikenal pada generasi
ini.
Generasi kelima. Generasi ini memungkinkan komputer masadepan untuk lebih dapat berinteraksi dengan manusia.
Secara garis besar, hardware pada PC itu dibagi menjadi 5 bagian utama,
yaitu CPU, memory utama, piranti input, piranti output, dan media
penyimpanan.
Bagan Hardware Komputer
bagan komputer
CPU
CPU atau prosessor ini merupakan komponen pemrosesan logika dan
aritmatika serta mengendalikan komputer. Kecepatan pemrosesan ditentukan
oleh kecepatan clock dari control unitnya. Perhitungannya dalam satuan
hertz, semakin besar nilainya semakin cepat clocknya. Contoh Intel Core
i7 2.93 Ghz artinya kecepatan clock dari control unitnya adalah 2.93
Ghz.
Memory
Memory berfungsi menyimpan data dan instruksi yang sedang dijalankan.
Ada 2 jenis memory, yang pertama adalah RAM dan yang kedua adalah ROM.
ROM ini menyimpan data dan instruksi yang disediakan oleh vendor
komputer dan hanya bisa dibaca. Satuan dari kinerja RAM adalah bit atau
byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh RAM 4 GB
artinya RAM mempunyai kapasitasnya sebesar 4 Gigabyte.
Output dan Input Devices
Ouput dan input devices ini berfungsi untuk menjembatani antara komputer
dengan lingkungan luarnya. Input Devices adalah alat yang digunakan
untuk memasukkan data, bisa berupa keyboard, scanner, mouse, barcode,
dll. Sedangkan untuk Output devices adalah alat yang digunakan untuk
mengeluarkan hasil dari pemrosesan data, bisa berupa monitor, printer,
speaker dll.
Media Penyimpanan
Media ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen yang nantinya
bisa dibaca kembali, bisa berupa harddisk, flashdisk, CD, DVD dan yang
sudah mulai ditinggalkan adalah disket. Satuan kapasitasnya adalah bit
atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh
Harddisk 160GB artinya kapasitas penyimpanan harddisk tersebut adalah
160 Gigabyte.
Selain 5 komponen diatas, sebenarnya ada beberapa komponen tambahan yang
berfungsi untuk menambah performansi dari komputer itu sendiri, seperti
LANcard, Wifi untuk perangkat networking dengan satuan bitpersecond
(bps), videocard untuk menghasilkan output gambar ke monitor dengan
satuan byte.
Contoh pembacaan spesifikasi komputer Dell Studio XPS 8100 adalah Core
i7-870 2.93 GHz, 4GB DDR3, 640GB HDD SATA, DVD±RW, GbE NIC, VGA NVIDIA
GeForce GT220 1GB artinya komputer tersebut didukung oleh prosesor Intel
core i7-870 dengan clock 2.93 Ghz dan kapasitas media penyimpanan
harddisk sebesar 640GB, RAM sebesar 4 GB, dan videocard sebesar 1GB.
Penutup
Dari perkembangan hardware tersebut dapat disimpulkan bahwa hardware
komputer bergerak ke arah yang lebih kecil, mobile, kapasitas
penyimpanan besar, handal dalam pemrosesan data, serta output dan input
devices yang memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan mudah dengan
komputer.
PERKEMBANGAN SOFTWARE
PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak.
Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar
Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1
(benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat
menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi
nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti
penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk
bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk
dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang
cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman
tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini
pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang
sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan
puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
Siklus Perangkat Lunak
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke
antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang
sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah
menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan
komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk
sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer
berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris
instruksi yang secara berurutan di proses.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya
oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan
industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan
sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini
perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris
perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi
satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara
serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan
banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era
ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program
(pemroses) dengan data (yang di proses).
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini,
perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang
bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan
secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis
kecerdasan buatan.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada
sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun
telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan
PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga
ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap
peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling
terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan
segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan
beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam
perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat
lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak
sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem
dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi
menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke
dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman
di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
2. Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem
operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur
seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal,
memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang
bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2,
Apple’s System 7
3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan
fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware
troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik),
mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah
Norton Utility
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat
banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi
yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel
(Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada
perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel
menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan
presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh
aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses
kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint
(presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi
multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk
memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang
dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang
umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan
Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian
elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Sistem Operasi
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis
prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM
dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh
perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM
PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi
2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang bersifat
freeware yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena
bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga
hasilnya dapat di tambah atau di modifikasi oleh setiap orang.
Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2
cara, cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan
perintah, atau dengan cara tunjuk (pointer).
Aplikasi Office
Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata dan
pemroses tabel. Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas
pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format
pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir
kertas), jenis huruf (font), pemroses kata juga dapat melakukan proses
pengecekan kata bahkan kalimat.
Pemroses tabel biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang
menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang di gunakan adalah
penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi
lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau
deviasi. Automasi pemrosesan dapat dilakukan dengan menggunakan macro,
misalnya perhitungan bulanan.
Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan
Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat
memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan
film.
Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan.
Aplikasi Multimedia umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di
gunakan untuk membuat, yang hanya di gunakan untuk menampilkan saja dan
aplikasi pengaturan.
Format-format digital multimedia di antaranya :
MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini
di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti
Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan
ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan
sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah
mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya
instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya.
Kualitas suara MP3 akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas
yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2
KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas
seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh
ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.
AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan
mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti
Word atau PowerPoint
Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer
berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan
tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan
besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media
penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar